Langsung ke konten utama

Tips mengobati luka bakar dengan lidah buaya

Tips mengobati luka bakar dengan lidah buaya - Luka bakar adalah luka kulit yang umum dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Mereka bisa disebabkan oleh listrik, panas, cahaya, sinar matahari, radiasi, dan gesekan. Lidah buaya telah digunakan sejak zaman purba untuk mengobati penyakit kulit dan mengurangi peradangan. Ini digunakan dan direkomendasikan oleh dokter untuk merawat luka bakar ringan di tingkat pertama dan dapat digunakan pada beberapa luka bakar tingkat dua. Jika Anda terbakar, ikuti beberapa langkah untuk menilai tingkat keparahan luka bakar dan mengobatinya dengan lidah buaya.

Tips mengobati luka bakar dengan lidah buaya





Jauhi sumber luka bakar. Kapan pun Anda merasa terbakar, Anda harus melepaskan diri dari sumber luka bakar. Jika Anda dibakar oleh alat listrik, matikan alat dan pindahkan kulit dari situ. Jika Anda dibakar oleh bahan kimia, lepaskan dari tumpahan secepat mungkin. Jika Anda terkena sinar matahari, segera keluar dari matahari.

Baca juga : Salep luka bakar di apotik

Jika pakaian Anda ditutupi dengan bahan kimia atau dibakar dalam proses, lepaskan mereka dengan hati-hati mungkin tanpa menyakiti luka. Jangan tarik pakaian dari kulit Anda jika menempel pada daerah yang terbakar; Hubungi layanan darurat atau segera hubungi dokter.

Tentukan tingkat keparahan luka bakar. Ada tiga tingkat luka bakar yang berbeda. Sebelum Anda merawat luka bakar Anda, Anda perlu mengetahui perbedaan luka bakar. Luka bakar tingkat pertama hanya mempengaruhi lapisan atas kulit, biasanya berwarna merah, bisa terasa sakit, dan terasa kering saat disentuh. [3] Luka bakar derajat kedua meluas lebih jauh ke lapisan bawah kulit, mungkin terlihat "basah" atau berubah warna, sering kali termasuk lepuhan putih, dan umumnya menyebabkan rasa sakit. [4] Luka bakar tingkat tiga meluas sepanjang jalan melalui kulit dan kadang-kadang ke jaringan di sekitarnya. Mereka terlihat kering atau kasar, dan mungkin termasuk kulit hitam, putih, coklat, atau menguning di tempat bakar. Mereka menyebabkan pembengkakan dan sangat parah, meskipun mereka sering menyakiti luka bakar yang kurang dari karena akhir saraf telah rusak.



Jika Anda tidak yakin apakah luka bakar pertama atau kedua, hubungi dokter. Jika Anda pikir itu adalah sesuatu selain luka bakar tingkat pertama, temui dokter Anda. Luka bakar tingkat dua dan tiga bisa mengancam jiwa jika tidak diobati dengan benar. Hanya lanjutkan jika Anda tahu bahwa luka bakar Anda adalah tingkat dua derajat atau minor kedua. Orang lain tidak boleh diobati dengan metode ini kecuali jika dokter mengatakan bahwa tidak masalah. Jangan pernah mengobati luka bakar tingkat tiga, atau luka terbuka, dengan lidah buaya. Aloe tidak membiarkan luka bakar mengering, yang membuat tidak mungkin untuk sembuh.

Dinginkan luka Anda. Begitu Anda telah menilai keadaan luka bakar Anda dan melepaskan diri dari situasi yang merugikan, Anda bisa mulai mendinginkan luka Anda. Ini membantu menarik panas dari luka dan menenangkan kulit sebelum Anda menerapkan lidah buaya. Jalankan air dingin di atas luka bakar selama 10-15 menit sesegera mungkin setelah luka bakar.

Jika Anda tidak bisa mencapai daerah dengan keran atau shower, rendam kain di air dingin dan letakkan di atas luka bakar selama 20 menit. Ganti kain saat suhunya naik dengan kain yang baru direndam. Jika Anda bisa, batasi area yang terbakar dalam air dingin setidaknya selama 5 menit. Anda bisa merendam daerah di bak cuci atau semangkuk air dingin.

Bersihkan luka. Setelah Anda mendinginkan luka itu, Anda perlu membersihkannya. Ambil sabun dan gosokkan di tangan Anda. Gosok perlahan sabun di atas area yang terbakar, bersihkan. Bilas area dengan air dingin untuk menghilangkan sabun. Pat kering dengan handuk. Jangan menggosok luka karena bisa menyebabkan kulit semakin jengkel atau kulit pecah jika sensitif atau mulai terbentuk lecet.

Potong lidah buaya dari tanaman. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah Anda atau di dekat tempat pembakaran Anda terjadi, Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan lidah buaya segar. Hapus beberapa daun gemuk di dekat bagian bawah tanaman lidah buaya. Potong duri di dedaunan agar tidak tertusuk. Potong daun di setengah bagian tengah dan nilai bagian dalam dengan pisau Anda. Ini akan melepaskan lidah buaya dari daunnya. Kumpulkan lidah buaya di piring. Ulangi sampai Anda memiliki cukup lidah buaya untuk menutupi semua luka bakar Anda. Tanaman vera sangat mudah dirawat. Mereka tumbuh di hampir semua iklim di dalam ruangan, dan di iklim luar yang hangat. Air setiap hari dan pastikan Anda tidak overwater itu. Offshoots dari tanaman dapat dengan mudah pot untuk menumbuhkan tanaman baru.

Gunakan buaya yang dibeli di toko. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, Anda bisa menggunakan gel aloe over-the-counter atau krim. Hal ini dapat diperoleh di sebagian besar toko umum, apotek, dan toko kelontong. Saat membeli merek, pastikan krim atau gel 100% gel aloe vera murni, atau sedekat mungkin. Beberapa produk memiliki lebih dari yang lain, tapi Anda harus mendapatkannya dengan jumlah lidah buaya setinggi mungkin.

Lihatlah daftar bahan dari gel yang Anda beli. Beberapa yang mengklaim bahwa mereka "dibuat dengan gel aloe murni" hanya memiliki lidah buaya 10%.

Oleskan jumlah yang bagus ke luka Anda. Ambil lidah buaya yang Anda ekstrak dari tanaman atau tuangkan sejumlah besar gel ke tangan Anda. Gosok perlahan ke daerah yang terbakar, pastikan untuk tidak menggosok daerah yang terkena atau menggosok terlalu keras. Ulangi 2-3 kali sehari sampai luka bakar tidak lagi terasa sakit.

Anda hanya harus menutupi luka Anda setelah lidah buaya telah diterapkan jika berada di tempat yang bisa digosok atau dilukai tanpa penutup pelindung. Dalam kasus ini, gunakan perban bersih atau kain kasa yang tidak akan meninggalkan residu di belakang setelah dilepas.

Tips mengobati luka bakar dengan lidah buaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengolah mengkudu untuk amandel

Mengkudu memang dikenal sebagai salah satu buah yang cukup mempunyai banyak khasiat, selain bagus untuk penderita diabetes buah yang satu ini ternyata cukup bagus untuk penyakit amandel. Cara mengolah mengkudu untuk amandel cukup mudah, dan berikut dibawah ini adalah cara membuat ramuan obat amandel dari mengkudu. Siapkan 2 buah mengkudu Madu Kemudian cuci buah mengkudu sampai bersih Parut buah mengkudu sampai halus Setelah itu peras dengan kain hingga keluar airnya Tambahkan madu Aduk sampai rata Kemudian konsumsi sebanyak 3 kali sehari Seperti itulah cara mudah mengolah buah mengkudu untuk penyakit amandel. Mengkudu mempunyai banyak kandungan yang berkhasiat, seperti nutrisi, terpenoid, scolopen, zat antikanker, Xeronine dan proxeronine. Baca juga : Obat amandel di apotik Tidak hanya untuk amandel dan diabetes, secara umum buah mengkudu memiliki manfaat untuk : Memperlancar peredaran darah Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan

Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong

Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong - Penyakit jantung memang penyakit yang sangat mematikan, maka tidak heran pasien sakit jantung tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk mengobati penyakit ini. Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong Tapi tahukah anda bahwa ada cara tradisional untuk membantu mengobati penyakit jantung ? ya daun binahong adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai khasiuat cukup bagus buat kesehatan, termasuk jantung. Daun binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea, belakangan tanaman ini banyak ditanam dan dibudidayakan di Indoesia karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Ada berbagai macam kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh daun binahong, seperti Antioksidan, zat alkaloid, dan saponin. Kandungan saponin dalam daun binahong cukup berkhasiat bagi penderita penyakit jantung karena kandungan ini mampu membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut tentu bagus buat orang

Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat

Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat - Sudah sejak lama daun salam dikenal sangat berkhasiat bagi penderita asam urat. Menurut sumber yang saya baca, daun salam mengandung minyak minyak atsiri, tannin, serta minyak esensial dan ekstrak metanol yang dipercaya bermanfaat untuk penderita asam urat. Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat Bagi anda yang menderita asam urat bisa memanfaatkan daun salam untuk membantu mengobati penyakit ini, Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat juga cukup mudah, dan berikut dibawah ini adalah tips pengolahan daun salam untuk mengobati asam urat. Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat Pertama sediakan 15 lembar daun salam yang masih bagus kondisinya Kemudian cuci semua daun salam tersebut sampai bersih Jika sudah dicuci, rebuslah daun salam dengan air kurang lebih 3 gelas Tunggu sampai rebusan daun salam mendidih hingga airnya berkurang setengahnya Setelah air rebusan berkurang kira k