Langsung ke konten utama

Fungsi asam lambung

Fungsi asam lambung - Asam lambung sangat penting untuk mendisinfeksi dan membunuh mikroba buruk dan untuk mengoptimalkan pencernaan protein dalam tubuh. Bila tubuh tidak mampu memproduksi cukup asam lambung, daripada pencernaan yang tidak adekuat dan pertumbuhan berlebih mikroba terjadi. Salah satu prinsip kesehatan terpenting dan kurang dihargai berkaitan dengan mengoptimalkan tingkat asam lambung.

Fungsi asam lambung




Volume normal asam lambung adalah 20-100 ml cairan dengan kisaran pH 1,5-3,5. Karena sifat logaritmik dari skala pH, ada perbedaan yang signifikan antara pH 1,5 dan 3,0 atau 3,5. Untuk pencernaan protein yang sehat, pH harus dalam kisaran 1.5-2.2.

10 Cara Meningkatkan Tingkat Asam Lambung
Dalam Kesehatan Pencernaan, Nutrisi | Oleh Dr. Jockers | Komentar {31} | Pengungkapan Afiliasi
10WAYSTOIMPROVESTOMACHACID_Cover

10 Cara Meningkatkan Tingkat Asam Lambung

Asam lambung sangat penting untuk mendisinfeksi dan membunuh mikroba buruk dan untuk mengoptimalkan pencernaan protein dalam tubuh. Bila tubuh tidak mampu memproduksi cukup asam lambung, daripada pencernaan yang tidak adekuat dan pertumbuhan berlebih mikroba terjadi. Salah satu prinsip kesehatan terpenting dan kurang dihargai berkaitan dengan mengoptimalkan tingkat asam lambung.

Volume normal cairan asam lambung adalah 20-100 mL dengan kisaran pH 1,5-3,5. Karena sifat logaritmik dari skala pH, ada perbedaan yang signifikan antara pH 1,5 dan 3,0 atau 3,5. Untuk pencernaan protein yang sehat, pH harus dalam kisaran 1.5-2.2.

PerutAcid_7Ways

7 Fungsi Utama Asam lambung

  1. Sterilkan Makanan: Kapan pun kita mengkonsumsi makanan, bakteri dan mikroorganisme lainnya masuk dengan makanan (meski dimasak atau dipasteurisasi). Asam lambung membantu menetralisir penyerang jahat yang tidak kita inginkan di sistem kita (1, 2).
  2. Protein Digestion: Asam lambung sangat diperlukan untuk memulai proses pemecahan protein. Pernahkah Anda mengasinkan daging dalam cuka? Cuka hampir tidak sekuat apa asam lambung Anda, namun, dari waktu ke waktu menurunkan daging. Inilah yang seharusnya asam perut Anda lakukan dengan cara yang jauh lebih cepat.
  3. Mengaktifkan Pepsin: Pepsin adalah enzim proteolitik yang diperlukan agar tubuh kita dapat secara efektif memetabolisme protein. Asam lambung mengaktifkan pepsin dari bentuknya yang tidak aktif yang disebut pepsinogen.
  4. Mengaktifkan Faktor Intrinsik: Asam lambung membantu mengaktifkan faktor intrinsik yang merupakan glikoprotein yang diproduksi di perut yang diperlukan untuk penyerapan vitamin B12.
  5. Merangsang Pengiriman Empedu dan Enzim: Asam lambung membantu merangsang pelepasan empedu dari hati dan kantong empedu dan enzim pencernaan dari pankreas.
  6. Penutup sfingter esofagus: Asam lambung merupakan pemicu penting bagi kontraksi sfingter kerongkongan (tepat di atas perut) untuk melindungi jaringan kerongkongan yang lembut dan halus dari asam kuat di perut.
  7. Membuka Sfincter Pyloric: Asam lambung membantu mengaktivasi sfingter pilorus yang memungkinkan makanan berpindah dari perut ke usus halus.

Masalah dengan Asam Lambung Rendah:

Bila tubuh tidak mampu menghasilkan asam lambung yang cukup, ia tidak dapat mencerna molekul protein dan mineral utama (3). Molekul protein yang dicerna sebagian ini masuk ke usus halus dan menimbulkan tekanan signifikan pada pankreas untuk menghasilkan enzim yang cukup untuk memetabolisme protein secara efektif.

Jika ini terjadi berulang kali dari waktu ke waktu, maka akan memaknai penyimpanan enzim pankreas dan menyebabkan stres dan iritasi pada lapisan usus. Selain itu, jika molekul protein tidak dimetabolisme dengan efisien, kita tidak dapat menyerap cukup asam amino yang diperlukan untuk berbagai fungsi vital tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan asam amino, penyembuhan yang buruk dan pemecahan beragam fungsi tubuh yang penting. (4)

Molekul protein besar dan pencernaan yang tidak lengkap mengiritasi lapisan usus, yang menyebabkan sindroma sindrom bocor. Proses ini bisa memicu perkembangan aktivitas auto-immune dalam tubuh. Pencernaan yang buruk juga menciptakan lingkungan yang cocok untuk pengembangan pertumbuhan bakteri usus kecil (SIBO), pertumbuhan berlebih dan infeksi parasit Candida (5, 6).

Ketika kita mencerna makanan kita dengan buruk, hal itu menyebabkan aktivitas inflamasi meningkat yang menghabiskan mineral utama dan anti-oksidan di seluruh tubuh (8). Penipisan mineral ini menyebabkan ketidakmampuan membentuk asam lambung dan lingkaran setan pencernaan yang buruk dan peradangan kronis berlanjut (7, 8).

Fungsi asam lambung


Baca juga artikel yang lainnya : Cara mengobati asam lambung dengan kunyit dan jahe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengolah mengkudu untuk amandel

Mengkudu memang dikenal sebagai salah satu buah yang cukup mempunyai banyak khasiat, selain bagus untuk penderita diabetes buah yang satu ini ternyata cukup bagus untuk penyakit amandel. Cara mengolah mengkudu untuk amandel cukup mudah, dan berikut dibawah ini adalah cara membuat ramuan obat amandel dari mengkudu. Siapkan 2 buah mengkudu Madu Kemudian cuci buah mengkudu sampai bersih Parut buah mengkudu sampai halus Setelah itu peras dengan kain hingga keluar airnya Tambahkan madu Aduk sampai rata Kemudian konsumsi sebanyak 3 kali sehari Seperti itulah cara mudah mengolah buah mengkudu untuk penyakit amandel. Mengkudu mempunyai banyak kandungan yang berkhasiat, seperti nutrisi, terpenoid, scolopen, zat antikanker, Xeronine dan proxeronine. Baca juga : Obat amandel di apotik Tidak hanya untuk amandel dan diabetes, secara umum buah mengkudu memiliki manfaat untuk : Memperlancar peredaran darah Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan

Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong

Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong - Penyakit jantung memang penyakit yang sangat mematikan, maka tidak heran pasien sakit jantung tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk mengobati penyakit ini. Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong Tapi tahukah anda bahwa ada cara tradisional untuk membantu mengobati penyakit jantung ? ya daun binahong adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai khasiuat cukup bagus buat kesehatan, termasuk jantung. Daun binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea, belakangan tanaman ini banyak ditanam dan dibudidayakan di Indoesia karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Ada berbagai macam kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh daun binahong, seperti Antioksidan, zat alkaloid, dan saponin. Kandungan saponin dalam daun binahong cukup berkhasiat bagi penderita penyakit jantung karena kandungan ini mampu membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut tentu bagus buat orang

Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat

Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat - Sudah sejak lama daun salam dikenal sangat berkhasiat bagi penderita asam urat. Menurut sumber yang saya baca, daun salam mengandung minyak minyak atsiri, tannin, serta minyak esensial dan ekstrak metanol yang dipercaya bermanfaat untuk penderita asam urat. Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat Bagi anda yang menderita asam urat bisa memanfaatkan daun salam untuk membantu mengobati penyakit ini, Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat juga cukup mudah, dan berikut dibawah ini adalah tips pengolahan daun salam untuk mengobati asam urat. Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat Pertama sediakan 15 lembar daun salam yang masih bagus kondisinya Kemudian cuci semua daun salam tersebut sampai bersih Jika sudah dicuci, rebuslah daun salam dengan air kurang lebih 3 gelas Tunggu sampai rebusan daun salam mendidih hingga airnya berkurang setengahnya Setelah air rebusan berkurang kira k